Dinas Pendidikan Tabanan Gelar Sound of Freedom

Guna menggelorakan semangat berkesenian di Tabanan, Dinas Pendidikan Kab. Tabanan menggelar Sound of Freedom. Acara pementasan dikemas dalam bentuk konser musik dengan tema “Kita Sepakat Dalam Satu Jiwa”. Band-band lokal Tabanan yang tampil diantaranya Tequila, Old Friend, Bima Band, Track Five, D’Balian band, Uap Kata, Rayap, Violence of Suck, The Return, Bajing Tengik, Anak Angin, D’Bungsil, John and the Jail Story, Revelation dan menampilkan juga Lolot Band sebagai pementasan puncak acara.

Pengelolaan event diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Tabanan bekerjasama dengan PD. Dharma Santhika dengan menunjuk Mata Angin Communication sebagai event Organizer. Sabtu, 25 Agustus 2018 menjadi suasana yang meriah di Lapangan Pang Raga Krida Desa Bajera, Selemadeg, dengan pentasnya berbagai band komunitas seni musik di Tabanan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Tabanan Dr. I Gede Susila, S.Sos. M.Si menyampaikan bahwa musik adalah bahasa yang universal untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat, karena musik mengandung harmoni untuk menumbuhkan kepekaan nurani. Pesan moral dari konser Sound of Freedom adalah bagaimana menggemakan kemerdekaan baik dalam berkespresi maupun menumbuhkan rasa nasionalisme para generasi muda Tabanan yang menjadi tulang punggung di masa yang akan datang.

Beliau juga berharap Sound of Freedom tetap berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya, dengan tetap memohon dukungan dari Pak Ketut Suryadi yang juga merupakan penggagas Sound of Freedom. Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-6 pelaksanaan Sound of Freedom.

Selanjutnya, Pak Ketut Suryadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh insan seni atas sumbangsihnya turut menjaga kelestarian peristiwa berkesenian di Tabanan. Beliau butuh banyak orang untuk turut serta merawat seni di Tabanan. Dalam kesempatan tersebut, Ketut Suryadi mengajak semua orang yang hadir untuk menumbuhkan empati atas peristiwa gempa yang terjadi di Lombok dengan mengajak untuk memberikan sumbangsih dalam penggalangan dana.

Pengunjung Sound of Freedom selain menikmati acara konser musik, juga dimeriahkan dengan hadirnya Kedai Kopi serta BUMDes Mart PD. Dharma Santhika. Dengan tetap mempromosikan hasil produksi pertanian Tabanan, PD. Dharma Santhika senantiasa memperluas penetrasi pasar sehingga produk-produk Tabanan semakin dikenal oleh masyarakat.