Program Peningkatan Kapasitas Pelatihan Barista Stakeholder di Kawasan Nikosake

Tabanan, suaradewata.com – Perusahan Daerah Dharma Santhika sebagai Badan Pengelola Kawasan Nikosake bersama Program RIF dan LLK Disnaker mengadakan pelatihan Barista untuk 5 Desa di Kawasan Nikosake Jalan Raya Timpag Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan.

Direktur Perusahaan Daerah Dharma Santhika, I Putu Sugi Darmawan mengatakan melalui pelatihan tersebut yang berlangsung pada tanggal 10 sampai 12 Oktober 2018 diharapkan mampu mengolah dan menyajikan kopi untuk dapat disajikan secara menarik dan menghasilkan citarasa olahan kopi yang berbeda. Pupuan sebagai sentra penghasil komoditi utamanya adalah Kopi Robusta. Perlu adanya upaya untuk peningkatan hasil produk kopi Robusta Pupuan (naik kelas), melalui pelatihan ini tiap desa bisa mengetahui karakter kopi hasil olahannya. Melalui penyajian kopi yang baik juga dapat menunjang desa wisata di Kawasan. Dan Desa-desa yang mengikuti pelatihan itu yakni dari Desa Belimbing, Munduk Temu, Lumbung Kauh, Sanda dan Wanagiri.

“Prospek kopi kedepan sangat bagus sebagai media pergaulan bahkan sampai lintas negara seperti yang dilakukan pada moment IMF_Word Bank Annual Meeting yang dilaksanakan di Nusa Dua, Selain itu budaya ngopi yang sedang menjadi Trend belakangan ini memberikan prospek yang sangat terbuka bagi Barista Kedepannya,” ucap Putu Sugi, Jumat, (12/10/2018). ang/rat