Jaringan Pemasaran Kopi Kita Serasi Tabanan Menembus Pasar Modern

Kabupaten Tabanan merupakan daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan area pertanian, baik sawah maupun kebun. Selain potensi persawahan, lahan perkebunan juga berpotensi menghasilkan produk unggulan, salah satunya kopi. Perkebunan kopi di Kabupaten Tabanan tercatat sekitar 7.700 hektar yang sebagian besar berada di Kecamatan Pupuan.

Dengan luas lahan perkebunan kopi tersebut, Kabupaten Tabanan mampu memproduksi kopi sekitar 3.732 ton per tahun. Kecamatan Pupuan merupakan sentra penghasil kopi Robusta di Tabanan. Produk hasil perkebunan kopi masyarakat Pupuan dipasarkan melalui BUMDes yang telah terbentuk di masing-masing desa.

Dengan telah terbentuknya kerjasama antara BUMDes dengan Perusahaan Daerah Dharma Santhika (PDDS), maka potensi perluasan jaringan pemasaran terutama produk kopi juga semakin terbuka lebar. 4 BUMDes yang telah bekerja sama dengan PDDS, yaitu BUMDes Sri Sedana Munduktemu, BUMDes Tugu Sari Pajahan, BUMDes Jaya Abadi Kebon Padangan dan BUMDes Batumesari Batungsel kini secara rutin menjadi pemasok produk kopi untuk dipasarkan oleh PD. Dharma Santhika.

Selain produk kopi dengan branding masing-masing BUMDes, PD. Dharma Santhika juga memasarkan produk kopi dengan ciri khas Kabupaten Tabanan dengan branding “Kopi Kita Serasi”.

Kopi Kita Serasi hadir menjadi salah satu produk unggulan yang dipasarkan di PD. Dharma Santhika. Dalam tahap awal perkenalan Kopi Kita Serasi ke pasar, PDDS telah membuka jaringan kerjasama pemasaran dengan 180 toko retail di kawasan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan).

Tidak hanya berharap pada satu jaringan pemasaran, Kopi Kita Serasi juga kini telah masuk ke dalam paket produk yang juga secara rutin dipesan oleh Karyawan Bank BPD Bali.

Untuk meningkatkan serapan produk hasil pertanian Tabanan, Bupati Eka Wiryastuti mengeluarkan Peraturan Bupati No. 12 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penataan Toko Modern. Dimana dalam salah satu pasal yang ada dalam Perbup tersebut, toko modern yang beroperasi di wilayah Kabupaten Tabanan wajib mengadakan kemitraan dengan UMKM dan BUMDes yang ada di Kabupaten Tabanan dengan memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Kondisi inilah yang mendukung Kopi Kita Serasi kini telah mampu menjadi produk layak jual dalam jaringan pemasaran toko modern PT. Indomarco Prismatama. Itu berarti kini Kopi Kita Serasi telah dapat dijangkau oleh masyarakat seluruh Bali.

Sesuai keterangan Direktur Utama PD. Dharma Santhika, I Putu Sugi Darmawan, ST., MM, Indomaret kini telah memasarkan sebanyak 3.216 (pcs) Kopi Kita Serasi ukuran 250 gr, yang akan diuji coba selama 3 bulan apakah bisa diterima pasar dan bisa bersaing dengan produk kopi lain. Hal ini tentunya disertai harapan Kopi Kita Serasi akan tetap menjaga kualitasnya sehingga dapat menjadi produk yang berkualitas dan konsisten, sesuai dengan prosedur produksi yang ditetapkan PDDS, Kualitas, Kuantitas dan Kontinyuitas (3K)

Bupati Eka berharap, masyarakat Bali bisa mencintai produk asli Bali, dengan membeli dan mengkonsumsi “Kopi Kita Serasi” ini, serta produk lainnya yang dihasilkan UMKM dan BUMDes Kabupaten Tabanan. Sehingga bisa mempercepat perputaran ekonomi kerakyatan yang ada di Kabupaten Tabanan khususnya dan Bali pada umumnya. Pemerintah Kabupaten Tabanan sudah berusaha melindungi UMKM dan Petani Tabanan dengan dikeluarkannya Perbup di atas, apalagi saat ini sudah dikuatkan dengan dikeluarkannya Pergub No.99 Tahun 2018 oleh Gubernur Bali.

“Kami juga berharap jaringan toko modern lainnya bisa segera menyusul dan melakukan MOU dengan kami di Perusahaan Daerah Dharma Santhika selaku penyalur produk BUMDes, UMKM dan Produk Pertanian Tabanan lainnya, sebagai komitmen untuk segera ikut serta memasarkan produk-produk yang ada. Untuk itu, dukungan OPD terkait juga sangat kami harapkan, sehingga Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi atau Tabanan SERASI benar-benar bisa kita wujudkan,” Demikian pernyataan Bupati Eka Wiryastuti sesuai dilansir laman Humas Pemkab Tabanan.